Kamis, 27 Desember 2012
Pengantar Bisnis Tulisan 3
Pengantar Bisnis Tulisan 3
PENGANTAR BISNIS
Kelas : 1EB20
NAMA NPM
Arrafah Marzuqoh 28212115
Ayu PutriSari 21212291
Fachmi Putri R 22212592
Badar Adi wijaya 21212331
Bryan artha 28212359
Tulisan 3
Judul : Perkembangan Bisnis Karaoke Membuka Peluang Usaha
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Perkembangan gaya hidup masyarakat yang semakin maju, membuat kebiasaan sehari-hari pun mengalami perubahan. Dimulai dari kebiasaan mencari rekreasi atau hiburan, bersosialisasi, dan sampai kebiasaan konsumsi pun ikut berubah, hal ini mengalami perubahan yang cukup dramatis ditengah - tengah kebutuhan manusia yang serba praktis dan cenderung konsumtif. Sebagai contoh, bila sebelumnya kita terbiasa makan bersama keluarga dirumah, maka sekarang kebiasaan itu mulai hilang atau tergantikan dengan lebih sering menyantap makanan diluar, seperti mall, cafe, dan restoran.
Selain itu kebiasaan menyanyi, yang bisa dimanfaatkan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat menciptakan peluang atau bisnis yang cukup besar, khususnya dalam menyediakan tempat hiburan karaoke keluarga yang nyaman, modern, tetapi harga yang ditawarkan terjangkau karena menggunakan sistem franchise yang memberikan keuntungan yang menarik dengan investasi yang menjanjikan. Setelah sepekan bergelut dengan pekerjaan, sejenak melepas penat tidak ada salahnya dengan mengunjungi tempat hiburan seperti tempat karaoke keluarga. Salah satu penyebabnya adalah karena kesibukan, mobilitas masyarakat yang semakin maju yang mencerminkan gaya hidup mewah, serta pengaruh globalisasi yang semakin berkembang mengahantarkan kita ke arah gaya hidup dan kebudayaan masyarakat yang modern dan dinamis.
Di berbagai wilayah di Indonesia, Bisnis karaoke saat ini semakin marak dan menjamur bahkan tak terbendung lagi ikut mewarnai hingar bingarnya susasana kehidupan kota sampai merambah ke kota- kota kecil. Dari berbagai kalangan mulai dari karangan remaja sampai manula dan dari kalangan menengah sampai atas. Karena masyarakat Indonesia semakin menyukai aktivitas bernyanyi, terbukti dari acara TV acara lomba nyanyi seperti Idola Cilik, Indonesia Idol dan sebagainya merupakan acara yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Dan bisnis ini berfungsi untuk menarik keluarga yang ingin menghabiskan dan menikmati waktu luang bersama anggota keluarga.
Perkembangan industri karaoke keluarga berkembang begitu pesat, seperti: happy puppy, NAV karaoke, Venus dan sebagainya banyak terdapat lebih dari 30.000 usaha karaoke keluarga di Indonesia. Bisnis karaoke keluarga makin hari makin meningkat. Terbukti banyak usaha bisnis karoke yang bermunculan, mulai dari yang berkelas biasa, sekelas hotel sampai sekelas bintang lima. Mereka berlomba membuat usaha mereka semakin berkembang dengan menyajikan service yang memuaskan, seperti: ruangan ber-AC, menyediakan berbagai macam ruangan mulai dari small room sampai big room, koleksi lagu terlengkap mancanegara maupun lokal, pelayanan pesan antar makan dan minum.
Perkembangan industri jasa hiburan ini ternyata memberikan warna tersendiri terhadap kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, bahkan mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Konsumen
Konsumen bisnis usaha karaoke ini terutama adalah keluarga, baik kalangan muda, tua hingga anak – anak yang ingin merasakan hiburan selepas melakukan aktivitas sehari – hari.
2.2 Info bisnis
Kita harus menyediakan tempat yang strategis, nyaman dan yang menghibur. Ketiga harus kita kemas menjadi satu tempat bisnis karaoke kita. Selain itu sediakan juga lahan untuk parkir yang dapat menampung kendaraan pengunjung atau konsumen. Dan faktor lainnya, kita harus mepersiapkan sound system, peredam suara, dan pemutar DVD, VCD, TV dan mic. Jika kelengkapan alat sudah dipersiapkan, hal selanjutnya menata ruangan karaoke kita bisa membagi ruangan tersebut kedalam beberapa tipe dari mulai small room sampai big room sesuai selera. Kita juga dapat membuka usaha lainnya yaitu cafe atau restoran yang menyediakan makanan dan minuman ringan, hal tersebut dapat memberikan tambahan pemasukan serta menambah kenyamanan bagi pengunjung dalam berkaraoke. Siapkan juga harga sewa ruangan karaoke per jamnya, harga disini juga turut mempengaruhi usaha kita. Harga sewa juga boleh kita lakukan observasi di tempat karaoke – karaoke lainnya untuk membandingkan dan dapat dijadikan bahan referensi dalam membuka usaha karaoke. Rata – rata biaya karaoke per jamnya sekitar Rp 50.000 – Rp 125.000.
2.3 Kelebihan bisnis
Masyarakat perkotaan cenderung membutuhkan hiburan namun tidak jauh tempatnya. Hal ini disebabkan faktor libur atau macet, mereka malas untuk berpegian jauh karena pada hari libur biasanya terjadi kemacetan dimana – mana. Oleh karena itu bisnis karaoke merupakan pilihan hiburan yang tepat.
2.4 Kendala bisnis
Kendala terbesar dalam bisnis karaoke ini adalah modal yang relatif membutuhkan banyak biaya. Selain itu faktor selanjutnya adalah persaingan yang cukup banyak, karena saat ini banyak sekali yang mendirikan bisnis karaoke.
2.5 Cara mengantisipasi hambatan bisnis karaoke
Memberikan fasilitas yang berbeda dengan bisnis karaoke lainnya, dengan memberikan diskon atau potongan harga pada hari – hari besar. Serta fasilitas atau service yang memuaskan konsumen seperti : harga makanan dan minuman yang terjangkau, ruangan karaoke yang nyaman, bersih, lahan parkir yang luas, pada umumnya harga karaoke malam lebih mahal dibandingkan karaoke pada siang hari, dalam hal ini kita samakan harganya, kelengkapan alat karaoke yang lengkap dan baik.
2.6 Pemasaran
Dengan kemajuan teknologi kita dapat memanfaatkan fasilitas internet yang memberikan kita kemudahan dapat melakukan berbagai hal, seperti : Dalam hal ini, memasaran bisnis karaoke. Kita tidak perlu repot – repot dan mengeluarkan biaya untuk memasarkan bisnis yang ingin kita bangun. Selain itu kita dapat membagikan pamflet, brosur dan stiker di sekitar lokasi usaha maupun di tempat – tempat yang strategis, maupun mendirikan papan nama bisnis karaoke kita di sekitar lokasi usaha agar masyarakat luas dapat mengetahui bisnis yang sedang kita rintis.
BAB 3
KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA
3.1 KESIMPULAN
Karaoke merupakan tempat usaha yang menyediakan fasilitas untuk bernyayi dengan diiringi berbagai lagu sebagai salah satu usaha dalam berbisnis dan dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat memanjakan konsumen seperti menyediakan berbagai ruangan, pelayanan makan dan minum. Berkaraoke bisa dilakukan sendiri, berkelompok atau dipandu, tergantung keinginan konsumen dan fasilitas yang ada pada sound system karaoke tersebut. Berbagai aneka lagu pun tersedia dengan berbagai macam jenis lagu mancanegara maupun lokal. Mereka dapat menikmati lagu serta bersenang- senang dengan lagu yang mereka bawakan.
3.2 SARAN
Faktor utama dalam membangun bisnis karaoke adalah pemasaran, pelayanan baik itu pelayanan makanan dan minuman. Bila harga makanan/minuman yang ditawarkan terjangkau, dengan rasa yang enak dijamin tempat karaoke kita akan semakin mantap dipercaya. Maupun service, seperti : kelengkapan alat, yaitu sound system hal ini sering kali terlupakan. Padahal hal ini sangat berpengaruh, kualitas audio yang baik akan memberikan suara music yang terdengar jelas. Koleksi jenis lagu – lagu, semakin up-to-date dengan jumlah yang banyak koleksi lagunya tentu tempat karaoke akan semakin diminati. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnis anda nantinya atau mendatang. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah kenyamanan tempat karaoke yang ditawarkan. Rasa nyaman akan membuat konsumen betah berlama – lama berada di tempat karaoke dan ingin kembali berkunjung ke tempat karaoke yang kita miliki.
3.3 DAFTAR PUSTAKA
http://febri-nurhidayat.blogspot.com/2011/10/proposal-usaha-karaoke-keluarga.html
http://tanyajawabbisnis.blogspot.com/2009/01/bisnis-karaoke.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar